fbpx

Skenario memiliki fungsi utama menginformasikan proses pengembangan model bisnis dengan membuat konteks desain spesifik dan detail. Skenario dapat menjelaskan lingkungan pelanggan yang berbeda: bagaimana produk atau jasa digunakan, jenis pelanggan seperti apa yang menggunakannya, atau kekhawatiran, keinginan, dan tujuan pelanggan. Skenario juga dapat menggambarkan lingkungan masa depan model bisnis yang dapat bersaing.

Skenario pelanggan menuntun desainer selama perancangan model bisnis. Skenario dapat pula mengatasi masalah seperti saluran mana yang paling sesuai, hubungan apa yang sebaiknya dibangun, dan solusi masalah mana yang bersedia dibayar oleh pelanggan. Setelah menghasilkan skenario untuk segmen pelanggan yang berbeda-beda, desainer dapat bertanya kepada diri sendir apakah satu model bisnis cukup untuk melayani semuanya atau apakah desainer perlu mengadaptasi model yang dibuat untuk setiap segmen pelanggan.

Skenario adalah alat bantu berpikir lain yang dapat membantu merefleksikan model bisnis masa depan. Skenario memunculkan kreativitas karena memberikan konteks masa depan yang konkret sehingga dapat menemukan model bisnis yang sesuai.

Call Now Button
WHATSAPP CHAT