fbpx

Area fungsional operasi suatu perusahaan, merupakan kategorisasi dari fungsional bisnis, yakni klasifikasi utama dari seluruh kegiatan usaha yang dijalankan oleh organisasi laba. Meliputi bidang pemasaran dan penjualan, manajemen rantai pasokan (scm), sumber daya manusia, serta akuntansi dan keuangan.

Setiap area memiliki peran yang berbeda namun saling berkaitan satu dengan yang lainnya dalam sebuah sistem informasi manajemen. Pada pemasaran dan keuangan sebagai contoh memiliki fungsi untuk memasarkan suatu produk, melayani pemesanan, layanan pelanggan, manajemen hubungan pelanggan, peramalan penjualan, dan periklanan.

Pada scm seperti fungsi pembelian – penerimaan barang dan bahan baku, transportasi dan logistik, penjadwalan aktivitas produksi, serta memproduksi produk. Pada akuntansi dan keuangan seperti fungsi akuntansi – keuangan dari pelanggan dan ke pemasok/mitra, alokasi dan kontrol pembiayaan, perencanaan dan penganggaran keuangan, serta manajemen arus kas. Pada HR seperti fungsi merekrut dan mempekerjakan tenaga kerja, melatih karyawan, penggajian, dan lain sebagainya.

Call Now Button
WHATSAPP CHAT