fbpx

Gambaran umum status pasar untuk sumber daya manusia di Indonesia hingga Agustus 2015 dapat dilihat dari data-data BPS terkait tenaga kerja. Data terkait tenaga kerja sebagai sumber daya yang diperlukan untuk menjalankan model bisnis Zeics. Data yang dimaksud diambil dari sumber Pusat Data dan Informasi Ketenagakerjaan Kementrian Tenaga Kerja (2016), yang terdiri dari data penduduk usia kerja, digolongkan dalam kategori angkatan kerja, usia, pendidikan, dan pengasilan pekerja perbulan secara nasional.

Untuk merekrut pekerja sebagai karyawan tetap amaupun sebagai pekerja lepas sebagai pemasok jasa Zeics. Untuk lima tahun bahkan bisa jadi lima belas tahun medatang perusahaan tidak akan mampu untuk mengakomodir pengangguran yang masih cukup besar angkanya. Namun hal ini harus tetap ada upaya untuk menguranginya, langkah solutif yang paling realistis dapat diwujudkan, yakni dengan mengadakan pelatihan tentang pemasaran online, yang bermanfaat buat para peserta untuk menjual jasa pemasaran online personal, menjual produk asli daerah masing melalui internet, dan masih banyak hal lainnya yang dapat dioptimalkan dari kemampuan di bidang pemasaran online.

Langkah spesifik yang dapat dilakukan segera mungkin membuat komunitas online untuk edukasi dan pelaksanaan pelatihan pemasaran online. Target utama peserta dari pengangguran yang memiliki tingkat pendidikan di atas SMA. Dengan asumsi target peserta tersebut setidaknya sudah bisa menjalankan teknologi seluler maupun komputer yang berbasis internet. Keterampilan yang mereka peroleh besar harapan dapat ditularkan kepada angkatan kerja lainnya yang sedang tidak memiliki pekerjaan yang tingkat pendidikannya berada di bawah peserta pelatihan yang berpendidikan diplomat maupun universitas.

Untuk memberikan upah yang layak bagi pemasok sebagai pekerja lepas jasa pemasaran online bagi Zeics. Setidaknya dapat membantu perekonomian keluarga mereka dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti untuk pengeluaran bahan dan pangan, kebutuhan primer.

Call Now Button
WHATSAPP CHAT