fbpx

Pemasok kunci dalam rantai nilai Zeics antara lain pekerja lepas pemasaran online dan penyedia platform yang digunakan dalam aktivitas e-marketing. Pemasok dan pelaku rantai lainya bisa datang dari kompetitor sebagai pendatang baru di dunia jasa pemsaran online, perusahaan outsourcing, dan perusahaan IT terutama yang menyediakan jasa pembuatan dan aplikasi penopang sumber daya dan aktivitas kunci Zeics. Keberadaan pemasok rantai nilai tersebut sangat bermanfaat untuk memaksimalkan tersampaikannya proposisi nilai Zeics kepada pelanggan dengan baik.

Pelaku rantai lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah pengguna internet yang memiliki minat tinggi terhadap aktivitas pembelanjaan secara online dalam bentuk produk maupun jasa yang diperlukannya, sebagi akibat dari tuntutan kehidupan masyarakat untuk lebih dinamis dan serba cepat dengan kemajuaan teknologi yang terjadi pada saat ini dan di kemudian hari. Pengguna internet setelah era 1980 an “digital natives” atau kalau di Amerika lebih dikenal dengan baby boomers, termasuk pelaku rantai yang memiliki jumlah yang cukup besar dan dapat mempengaruhi tren media online yang digunakan. Contoh peralihan yang nampak tren pengguna Yahoo dan Bing beralih ke Google, dari Friendster ke Facebook.

Para pengguna internet sebagai pelaku rantai nilai jika diperhatikan dengan baik oleh perusahaan akan sangat membantu sekali untuk memantau perkembangan media online yang sedang dan akan tren di masa mendatang. Tidak hanya tren pengguna yang dapat diketahui, secara otomatis teknologi yang sedang tren nya pun dapat diketahui. Artinya perusahaan harus dapat merangkul mereka dalam sebuah komunitas, jikalau memungkinkan membiaya komunitas tersebut untuk keperluan sebagai bahan informasi dasar untuk kegiatan penelitian dan pengembangan jasa dan layananan pemasaran online yang sesuai kebuthan masyarakan informasi dan perkembangan zaman.

Call Now Button
WHATSAPP CHAT