fbpx

Kebutuhan akan penggunaan media internet merupakan sebuah desakan atau tuntutan perkembangan teknologi internet yang tidak terelakkan harus dihadapi. Digunakan sebagai media untuk mencari informasi dan mengomunikasikannya, hal ini berimplikasi pada sektor usaha menuntut para pengusaha untuk menyediakan informasi produk dan jasa beserta layananan untuk mendapatkan keuntungan bisnis semaksimal mungkin. Artinya sektor usaha membutuhkan kegiatan khusus pemasaran online sebagai pelengkap bahkan dapat menggeser pemasaran tradisional yang dilakukan secara offline.

Kebutuhan penggunaan internet untuk aktivitas bisnis khususnya untuk memasarkan produk atau jasanya, indikator kebutuhannya terlihat dari profil pengguna internet Indonesia sebagaimana yang telah diteliti oleh APJII pada tahun 2014, antara lain sebagai berikut.

  • Jumlah pengguna internet di Indonesia sebanyak 88,1 juta dengan penetrasi 34,9% dari total penduduk Indonesia 252,4 juta orang.
  • Aktivitas, mayoritas pekerja dan wiraswasta internet didominasi oleh pengusaha, disusul oleh mahasiswa dan ibu rumah tangga.
  • Sektor pekerjaan, penggunaan internet banyak digunakan secarara berurutan dari yang terbanyak, sektor perdagangan, jasa, pendidikan, pemerintahan, dan seterusanya.
  • Lebih dari 80% pengguna internet mengakses setidaknya sehari sekali. Rata-rata akses selama 1 jam per hari sebesar 35,3% dari seluruh pengguna internet di Indonesia.

Salah satu tujuan pengusaha menjalankan aktivitas pemasaran online adalah mendapatkan keuntungan dari penjualan produk dan layanannya, melalui proses penyediaan informasi kepada para pengguna internet, mendapatkan umpan balik, dan pada akhirnya dapat menjual produk atau jasa mereka atau merek usaha mereka dapat dikenali oleh banyak orang. Meskipun demikian dalam prosesnya tidak semudah yang diinginkan informasi yang disediakan tidak tersampaikan kepada pelanggan yang menjadi target pasarnya.

Hal tersebut menjadi sebuah kendala bahkan jadi sebuah kebutuhan pengusaha yang tidak terlayani secara baik. Kendala tersebut bisa bersumber dari pengusaha yang mempublikasikan informasi bisnisnya secara efisien dan efektif. Bisa pula bersumber dari target pasar mereka yang mengalami kesulitan mengkases internet untuk mendapatkan informasi yang diinginkannya. Berikut beberapa kendala yang dirasakan oleh para pengguna internet di Indonesia berdasarkan hasil penelitian APJII pada tahun 2014.

  • Kesulitan untuk mengunduh informasi yang dikarenakan oleh faktor yang didominasi oleh biaya yang mahal, kecepatan akses terbatas, dan koneksi yang sering terputus.
  • Ketidaknyamanan pengguna internet yang disebabkan oleh informasi yang tersedia tidak tepat atau tidak sesuai keinginan, tayangan iklan situs yang tidak layak, spam, situs berbayar, banner yang tidak diinginkan, dan masih banyak faktor lainnya yang dapat mengganggu pengguna internet untuk memperoleh informasi.

Pada kondisi terpenuhinya kebutuhan pemasaran online bagi sektor usaha untuk meningkatkan pendapatan mereka dan tersedianya informasi yang sesuai kebutuhan pengguna internet, berpotensi untuk meningkatkan permintaan akan pemasaran online. Sebaliknya akan menurun jika tidak terpenuhi atau tidak memuaskan kebutuhan mereka. Pada kondisi tidak menguntungkan yang dapat menurunkan pendapatan dan menjadikan pembiayaan yang tidak efisien karena ketidakrelevanan informasi yang diperoleh melalui media internet. Maka perusahaan akan mengadakan kerjasama dengan mitra yang menguntungkan, salah satunya dengan cara membuat portal online yang menyediakan ruang iklan yang mendapatkan keuntungan dari komisi jasa periklanan online.

Call Now Button
WHATSAPP CHAT