fbpx

Pemasaran online merupakan usaha perusahaan untuk memasarkan produk dan jasa serta membangun hubungan dengan pelanggan melalui internet; jaring publik dari jaringan komputer global yang menghubungkan para pengguna internet dan menghubungkan mereka dengan penyimpanan informasi yang berkapasitas besar. Pemasaran online digunakan pada empat wilayah bisnis-konsumen: dari bisnis ke konsumen (B2C), bisnis ke bisnis (B2B), konsumen ke konsumen (C2C), dan konsumen ke bisnis (C2B); dengan cara membuat situs web, menempatkan iklan dan promosi secara online, menciptakan atau berpartisipasi di komunitas web, atau menggunakan email. (Kotler dan Armstrong, 2008, jilid 2: 237-244).

Website dan media sosial (marketplace) yang dibuat oleh sebuah perusahaan dapat difungsikan sebagai media pemasaran langsung maupun sebagai company profile. Aktivitas pemasaran online yang dilakukan memiliki tujuan untuk meningkatkan citra (brand) perusahaan, mendatangkan pengunjung atau trafik (lead) website maupun media sosial perusahaan, mengkonversi pengunjung untuk memperoleh penjualan (convertion), dan mendapatkan pelanggan tetap (retension).

Beberapa jenis pemasaran online untuk mencapai tujuan di atas antara lain dengan melakukan optimasi marketplace di mesin telusur dengan menggunakan teknik SEO (Search engine optimization), optimasi di media sosial dengan teknik SMO (Social media optimization), atau menggunkan email melalui optimasi pengadaan artikel atau produk kepada pelanggan yang menjadi target perusahaan. Teknik optimasi ini muncul dari dorongan untuk mengoptimalkan sisi gratis dari platform media online yang dapat difungsikan sebagai media pemasaran online. Selain optimasi perusahaan dapat melakukan aktivitas pemasaran online berbayar dalam bentuk periklan di mesin telusur yang lebih dikenal dengan sebutan SEM (Search engine marketing) seperi Google Adwords dan periklanan pada media sosial atau SMM (Social media marketing) seperti Facebook Ads.

Call Now Button
WHATSAPP CHAT