fbpx

Kotler dan Armstrong (2008, jilid 1: 6) mendefinisikan pemasaran sebagai suatu proses dimana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan yang bertujuan untuk menangkap nilai dari pelanggan sebagai umpan baliknya.

Pemasaran menurut American Marketing Association (AMA) adalah suatu fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengkomunikasikan, dan memberikan nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya. Sistem manajemen untuk mewujudkan tujuan pemasaran disebut manajemen marketing, sebagai seni dan ilmu memilih pasar sasaran dan meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan, dan mengkomunikasikan nilai pelanggan yang unggul (Kotler dan Keller, 2009, jilid 1: 5).

Program-program inisiatif pemasaran yang telah ditetapkan pada saat penyusunan strategi fungsional bisnis, dapat direalisasikan melalui (diawali dengan) perencanaan pemasaran, agar target sasaran strategis pemasaran dapat diraih sesuai dengan tujuan perusahaan. Kotler dan Keller (2009, jilid 1: 61) membagi rencana pemasaran ke dalam lima struktur: membuat rangkuman eksekutif dan daftar isi, melakukan analisis situasi, menyusun strategi pemasaran, membuat proyeksi keuangan, serta melakukan kendali implementasi.

Program kerja pemasaran merupakan pelaksanaan dari strategi pemasaran yang dibuat berdasar pada bauran pemasaran produk, harga, lokasi, dan promosi yang dilakukan oleh perusahaan untuk menciptakan, menjaling hubungan, dan menangkap nilai dari pelanggan yang ditargetkan. Agar pemasaran dapat berjalan dengan efektif diperlukan sebuah usaha mengintegrasikan bauran pemasaran dengan sebuah strategi komunikasi pemasaran terintegrasi atau yang lebih dikenal dengan bauran promosi, yang terdiri dari penjualan personal, periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Salah satu jenis pemasaran langsung adalah pemasaran menggunakan media online.

Landasan teori pemasaran digunakan sebagai dasar penetapan kerangka berpikir penetapan jasa pemasaran online, segmentasi target dan hubungan pelanggan, serta penetapan saluran, aktivitas kunci, strategi, dan proses pemasaran perancangan rencana bisnis pendirian usaha Zeics di bidang jasa e-marketing strtegic.

Call Now Button
WHATSAPP CHAT