fbpx

Tujuan akhir bisnis Zeics mengacu pada pertanyaan Pinson (2003: 8), yakni: (1) Ke mana Anda menuju? (2) Kapan Anda ingin tiba di sana? (3) Seperti apa bisnis Anda saat Anda tiba di sana? Berikut yang menjadi tujuan akhir dari bisnis Zeics, pensiun saat tujuan tercapai atau melakukan ekpansi bisnis. Zeics didirikan bertujuan untuk menjadi perusahaan jasa e-marketing strategic bagi 5% UMKM Indonesia pada tahun 2031, dengan 70% omset bersumber dari pendapatan jasa berulang pelanggan.

Rata-rata pertumbuhan jumlah UMKM menurut BPS hingga 2012 lebih dari 2% pertahun, dengan mengasumsikan pertumbuhan jumlah UMKM 2% dengan menggunakan jumlah awal UMKM pada tahun 2013 sekitar 57 juta lebih UMKM, diharapkan Zeics dapat menjadi rekanan stratgis bagi 4.134.829 UMKM di tahun 2031 atau sekitar 275.655 UMKM pertahun selama 15 tahun mendatang.

 

Strategi eksit Zeics saat pemilik pensiun, berdasar pada bentuk eksit Pinson, secara berurutan sebagai berikut:

  1. Mengalihkan bisnis kepada anggota keluarga, mempersiapkan angggota keluarga sejak dini tentang kemandirian dalam mendapatkan penghasilan, kewirausahaan. Anggota keluarga yang dimaksud adalah anak, adik, dan saudara terdekat yang terikat hubungan darah.
  2. Menjual saham kepada karyawan, hal ini akan dilakukan pada situasi anggota keluarga tidak ada yang bersedia untuk melanjutkan penuh atau anggota keluarga dapat menjalankan secara penuh dan keinginan kuat untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan dalam jangka panjang, dengan porsi saham anggota keluarga 70% dan 30% untuk karyawan; atau
  3. Menjual bisnis, keputusan ini akan diambil pada situasi tidak ada satupun anggota keluarga yang mampu untuk melanjutkan usaha Zeics, seluruh aset dijual kepada orang lain.
Call Now Button
WHATSAPP CHAT