fbpx

Agar model bisnis Zeics berjalan, maka diperlukan serangkaian aktivitas penting untuk menciptakan proposisi nilai yang akan disajikan kepada pelanggan, membangun dan menangkap nilai pelanggan, hingga memperoleh pengahasilan. Aktifitas terpenting bagi Zeics meliputi pemasaran dan pelayanan proposisi nilai Zeics. Inovasi jasa dan layanan melalui penelitian dan pengembangan (R & D) mengenai pemasaran online. Serta melakukan serangkaian aktivitas manajemen hubungan baik dengan pelanggan maupun mitra.

Pemasaran

Kegiatan pemasaran Zeics memadukan strategi bauran pemasaran dan bauran promosi yang diintegrasikan dengan beberapa blok kanvas model bisnis yang dirancang dalam satu kesatuan manajemen pemasaran. Sebagai pijakan dasar aktivitas pemasaran bertumpu pada pelanggan dengan tujuan untuk menangkap nilai dan membangun hubungan pelanggan, yang dilanjutkan dengan penetapan target pelanggan dan diferensisasi – pemosisian proposisi nilai Zeics bagi pelanggan. Dipandu dengan bauran pemasaran dengan sistem manajemen pemasaran yang selaras dengan lingkungan yang dapat memengaruhi model bisnis Zeics. Kegiatan pemasaran Zeics tersebut berpijak pada teori strategi dan bauran pemasaran Kotler dan Armstrong (2008, jilid 1: 58).

Pelayanan

Pelayanan Zeics terdiri dari perancangan jasa pemasaran online sesuai kebutuhan yang selaras dengan strategi bisnis pelanggan dan menyelesaikan pekerjaan yang menjadi kendala dan masalah bagi pelanggan terkait pemasaran online.

Proses desain layanan Zeics menggunakan teknik perencanaan layanan, yakni merupakan sebuah teknik analisis proses yang menitikberatkan pada pelanggan dan hubungan yang terjadi dengan pelanggan (Heizer dan Render, 2015: 329-332). Teknik ini terbagi dalam tiga tingkatan. Tingkat 1 meliputi aktivitas layanan yang dikendalikan oleh pelanggan. Tingkat 2 aktivitas interaksi antara pelanggan dengan Zeics. Tingkat 3 aktivitas layanan tanpa adanya kendali dari pelanggan dan tidak ada interaksi dengan pelanggan. Teknik perencanaan layanan tersebut dipadukan dengan matrik desain layanan (Gambar 4.3). Pelayanan Zeics berada pada tingkatan layanan profesional yang memiliki derajat kustomisasi dan penggunaan tenaga kerja yang sama-sama tinggi derajatnya. Tingkat derajat pekerja yang tinggi dalam menjalankan operasional usaha harian dapat diminimalisir dengan bantuan aplikasi khusus jasa, yang dapat dijalankan secara otomatis.

Derajat Tenaga

Kerja

Derajat Kustomisasi
Rendah Tinggi
Tinggi Layanan massal Layanan profesional
Rendah Layanan pabrik Layanan toko

 

Penelitian dan pengembangan

Aktivitas kunci R & D bertujuan untuk mengambangkan jasa dan layanan Zeics ke arah lebih baik guna memenuhi kebutuhan dan kepuasaan pelanggan dalam jangka panjang. Khususnya dapat merancang jasa untuk menyelesaikan masalah pelanggan terkait pemasaran online secara efektif dan efisien. Hal ini sangat diperlukan untuk mengimbangi kemajuan teknologi yang digunakan untuk keperluan pemasaran online yang sangat cepat dan dinamis. Agar jasa yang disediakan siap menghadapi perubahan permintaan jasa pelanggan yang dituntut berubah untuk mengikuti perkembangan teknologi berbasis internet.

Manajemen hubungan pelanggan

Kotler dan Armstrong (2008, jilid 1: 138) mengemukakan manajemen hubungan pelanggan (CRM) sebagai aktivitas perusahaan, mengelola informasi detail tentang pelanggan perorangan dan secara hati-hati mengelola titik sentuh pelanggan untuk memaksimalkan loyalitas pelanggan.

Kegiatan berproses mulai dari membangun hingga memelihara pelanggan untuk menciptakan retensi pelanggan yang menguntungkan bagi Zeics. Aktivitas ini sangat bergantung pada sumber daya utama database pelanggan yang dimiliki Zeics. Database yang diperoleh dan dikembangkan berupa data dasar demografi pelanggan dan data lanjutan yang lebih detail mengenai pelanggan, seperti pendapatan pelanggan, target pasar yang dibidik oleh pelanggan Zeics, manajemen bisnis yang dimiliki oleh pelanggan, dan lain sebagainya.

Sumber database diperoleh dari berbagai departemen perusahaan dan tersimpan dalam gudang data online menggunakan penyimpanan data di server perusahaan yang bersifat pribadi dan rahasia, mengguna Cloud Private Server atau Virtual Private Server.

Manajemen hubungan mitra

Aktivitas ini merupakan implikasi dari CRM, agar manajemen hubungan dengan pelanggan dapat berjalan dengan baik, diperlukan keterlibatan baik langsung maupun tidak langsung dari fungsional bisnis Zeics selain divisi pemasaran dan dari mitra atau pemasok yang berada di luar Zeics (manajemen hubungan mitra, PRM), bersama-sama memberikan nilai kepada pelanggan. Sudah barang tentu kemitraan menjadi salah satu sumber daya utama yang harus dimiliki oleh Zeics untuk meningkatkan produktivitas atau untuk kepentingan efisiensi biaya operasional Zeics. Basis data mitra diperoleh dan dibangun sama seperti membangun hubungan pelanggan.

Call Now Button
WHATSAPP CHAT