fbpx

Model bisnis Zeics diawali dengan penetapan proposisi nilai berupa jasa e-marketing strategic yang terdiri dari periklanan dan optimasi di media mesin telusur, media sosial, dan email; serta jasa pembuatan konten teks, grafis, video, dan jasa pelatihan pemasaran online. Dengan differensiasi dan positioning layanan kustomisasi dan penyelesaian permasalahan pelanggan.

Langkah kedua melakukan penetapan target pasar yang ingin dicapai oleh Zeics. Berdasarkan latar belakang rencana bisnis dibuat, proposisi nilai yang dimiliki oleh Zeics mempunyai peluang besar untuk ditawarkan kepada pengusaha atau perusahaan di sektor UMKM. Tahapan yang dilalui terdiri dari melakukan segmentasi jenis-jenis usaha yang da di Indonesia dan petepat segmen yang ingin diraih berdasarkan kebutuhan yang sama akan jasa pemasaran online yakni UMKM.

Langkah ketiga menetapkan saluran informasi, komunikasi, dan distribusi yang akan digunakan untuk menyampaikan proposisi nilai Zeics kepada UMKM. Saluran yang dipilih difokuskan pada media yang menggunakan layanan internet atau online, antara lain website profil Zeics dan website pemasaran, blog, forum, media sosial, email, dan pesan singkat online.

Langkah keempat menetapkan bentuk hubungan dengan pelanggan yang akan dibagun guna memperoleh dan mempertahankan pelanggan menggunakan saluran yang dimiliki oleh Zeics untuk menyampaikan proposisi nilai kepada UMKM. Bentuk hubungan yang dibangun mengusung konsep saling berbagi ilmu secara gratis (free share) yang berupa bantuan secara personal dan khusus serta komunitas online maupun offline.

Langkah kelima menetapkan sumber pendapatan yang diperoleh dari penjualan jasa dan layanan Zeics kepada UMKM dengan menggunakan saluran media online melalui proses menciptakan, membangun, dan menangkap nilai dari UMKM. Nilai sumber pendapatan diketahui setelah melakukan penetapan harga melalui mekanisme penetapan harga markup yang dikombinasikan dengan strategi going rate agar tidak mengalami kerugian namun tetap bersaing secara sehat dengan kompetitor.

Langkah keenam menetapkan struktur biaya model bisnis Zeics untuk memperoleh pendapatan dari penjualan jasa dan layanan yang menguntungkan, setidaknya biaya yang dikeluarkan memiliki nilai yang sama persis dengan pendapatan yang diraih, mencapai titik impas (BEP), kondisi tidak rugi dan tidak untung.

Langkah kelima dan keenam digunakan untuk menentukan aktivitas kunci (langkah ke-7), sumber daya utama (langkah ke-8), dan mitra utama (langkah ke-9) Zeics dalam menjalankan kinerja model bisnis yang dirancang secara optimal. Acuan yang digunakan berdasar pada analisis titik impas, yakni pada saat biaya yang dikeluarkan sama persis dengan pendapatan yang diperoleh sebesar Rp. 1.568.138.335 rupiah untuk 150 unit jasa periklanan, optimasi, pembuatan website, dan pembuatan konten.

Berdasarkan analisis arus pendapatan dan struktur biaya mencapai titik impas, selanjutnya Zeics menetukan aktivitas kunci, sumber daya utama, dan mitra utama. Kegiatan kunci yang akan dilakukan untuk menjalan operasional bisnis tersebut terdiri dari pemasaran, pelayanan, perancangan jasa, penyelesaian masalah pelanggan, penelitian dan pengembangan jasa dan layanan, serta aktivitas manajemen hubungan pelanggan. Sumber daya utama yang diperlukan untuk menunjang aktivitas kunci antara lain sumber daya manusia profesional di bidang manajemen bisnis, jalinan kemitraan dengan pelanggan dan mitra, database pelanggan dan mitra, teknologi penunjang operasional harian, serta platform yang digunakan sebagai saluran komunikasi dan distribusi jasa dan layanan Zeics kepada pelanggan.

Langkah terakhir atau kesembilan adalah menetapkan mitra utama Zeics dengan tujuan untuk mengakomodir aktivitas yang sebaiknya tidak dilakukan oleh Zeics dan sumber daya yang tidak dimiliki oleh Zeics, dengan ketentuan tetap mengacu pada hasil titik impas hasil analisis sumber pendapatan dan biaya yang dikeluarkan untuk memeperoleh pendapatan tersebut. Kemitraan yang dibangun yakni berkerjasama dengan para pekerja lepas terkait pemenuhan kebutuhan pengadaan jasa pemasar online Zeics untuk UMKM dengan tujuan untuk melakukan optimasi dan mendapat skala ekonomis yang menguntungkan. Menjalin hubungan mitra dengan perusahaan penyedia atau pemilik platform media pemasaran online, penyedia layanan hosting, domain, dan server, serta perusahaan-perusahaan IT; dengan tujuan akuisisi sumber daya dan aktivitas tertentu. Dan melakukan kemitraan dengan tujuan pengurangan risiko dan ketidakpastian dalam bentuk coopetition dengan pesaing dalam bentuk pengadaan pelatihan tentang pemasaran online maupun yang berhubungan dengan sistem manajemen perusahaan.

KP

Freelancer: penulis artikel,

blogger, designer multimedia, programmer

Perusahaan: platform, hosting, IT, jasa e-marketing

KA

Pemasaran

Pelayanan: perancangan jasa, pemecahan masalah

R&D

CRM

VP

Jasa e-marketing strategic: iklan, optimasi, website, konten, pelatihan

Layanan e-marketing strategic: kustomisasi, menyelesaikan pekerjaan

CR

Free share

Bantuan personal

Bantuan personal khusus

Komunitas

CS

Pasar massa sektor usaha di Indonesia

Usaha mikro

Usaha kecil

Usaha menegah

KR

SDM

Kemitraan

Database pelanggan

Teknologi

Platform

CH

Website

Blog

Forum

Social media

Email

Messenger

C$

Sumber daya: SDM, teknologi, platform

Aktivitas: pemasaran, Pelayanan, R&D, CRM

R$

Pendapatan jasa

Call Now Button
WHATSAPP CHAT