fbpx

Pemilihan target pasar atau sekelompok orang yang dijangkau dan dilayani Zeics berdasar pada definisi segmentasi pasar dan penetapan jenis segmen pasar. Menurut Kotler dan Armstrong (2008, jilid 1: 59), segmentasi pasar adalah membagi pasar menjadi kelompok pembeli berbeda yang mempunyai kebutuhan, karakteristik, atau perilaku berbeda dan mungkin memerlukan produk atau program pemasaran terpisah. Sedangkan segmen pasar merupakan sekelompok komsumen yang merespon dengan cara sama terhadap sejumlah usaha pemasaran tertentu.

Segmentasi

Segmentasi pasar Zeics adalah sektor usaha di Indonesia, yakni usaha mikro, kecil, menengah, koperasi, dan besar. Segmentasi pasar yang dilakukan mengacu pada perngertian dan batasan UMKM menurut Kementrian Koperasi dan UKM (2014: 1-2).

  • Usaha mikro, usaha produktif milik orang dan/atau badan usaha perorangan. Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 50 juta tidak termasuk tanah dan bangunan. Memiliki penjualan tahunan paling banyak Rp. 300 juta.
  • Usaha Kecil adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau bukan cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengah atau usaha besar. Memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp. 50 juta sampai dengan paling banyak Rp. 500 juta tidak termasuk tanah dan bangunan atau memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari Rp. 300 juta sampai dengan paling banyak Rp. 2,5 miliar.
  • Usaha Menengah adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perseorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang dimiliki, dikuasai, atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha kecil atau usaha besar dengan jumlah kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan. Memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp. 500 juta sampai dengan paling banyak Rp. 10 miliar tidak termasuk tanah dan bangunan atau memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari Rp. 2,5 miliar sampai dengan paling banyak Rp. 50 miliar.

Berdasarkan segmentasi di atas dapat diperkirakan anggaran minimal dan maksimal yang dikeluarkan oleh UMKM untuk pendanaan kegiatan pemasaran online yang disesuaikan dengan target penjualan yang diharapkan. Dengan mengasumsikan anggaran pemasaran online 1% dari total penjualan yang diharapakan diraih oleh UMKM perbulan diperoleh informasi sebagai berikut.

  • Sektor usaha mikro memiliki anggaran pemasaran online dengan asumsi target penjualan sama dengan kekayaan bersih sebesar 500.000 rupiah perbulan sebagai anggaran minimal. Dan anggaran maksimal sebesar 3 juta rupiah perbulan untuk perolehan penjualan 300 juta rupiah.
  • Sektor usaha kecil memiliki anggarana pemasaran online sekitar 3 juta sampai dengan 25 juta perbulan.
  • Sektor usaha menengah sekitar 250 juta hingga 500 juta perbulan.

Segmen Pelanggan

Jenis segmen pelanggan Zeics membidik pasar massa UMKM, dengan fokus pada kesamaan kebutuhan UMKM pada jasa e-marketing strategic. Osterwalder & Pigneur, menekan dua hal penting dalam menentukan target pasar yang dibidik, untuk siapa kita menciptakan nilai? Dan siapakah pelanggan terpenting kita? Nilai Zeics diciptakan khusus untuk UMKM di Indonesia dengan mengabaikan usaha besar dan koperasi; usaha sektor menengah-lah yang dijadikan pelanggan terpenting Zeics.

Pemilihan target pasar UMKM didasarkan adanya peluang dari keterbatasan UMKM kurang cakap dalam pengusaan teknologi internet dan hubungan dengan prospek bisnisnya yang kurang jelas. Di sisi lain perkembangan internet semakin berkembang dengan pesat, terutama di sektor jasa dan perdagangan di Indonesia.

Sektor usaha kelas menengah dijadikan pelanggan terpenting Zeics, dari segi penghasilan sangat memungkinkan dan berkesinambungan menggunakan jasa yang ditawarkan Zeics kepada pelanggan sektor usaha kelas menengah. Hal tersebut akan berdampak baik bagi perputaran kas Zeics untuk menjangkau sektor lainnya, usaha mikro dan kecil bahkan sektor usaha besar jika suatu saat di rasa perlu untuk melakukan ekspansi segmen pelanggan.

Call Now Button
WHATSAPP CHAT