fbpx

Sumber daya dapat berupa fisik, manusia, intelektual, ataupun finansial. Agar model bisnis berjalan dan berfungsi, maka diperlukan penetapan sumber daya untuk menujang proses menciptakan, menawarkan, dan menyampaikan proposisi nilai, menjangkau target pasar, menjalin hubungan dengan segmen pelanggan, serta memperoleh pendapatan.

Sumber daya utama yang diperlukan oleh Zeics antara lain teknologi dan platform saluran pemasaran online, kemitraan dengan pelanggan maupun mitra kerja, database pelanggan, dan sumber daya manusia berpengalaman dan terlatih.

Manusia

Sumber daya manusia yang sangat penting bagi Zeics tenaga kerja profesional di bidang pemasaran online. Serta bidang manajemen bisnis pada umumnya seperti pemasaran, keuangan, sumber daya manausia, operasional, dan IT. Lebih spesifiknya untuk pemasar online terdiri dari search engine marketer, social media marketer, content writer, multimedia designer, blogger, dan web designer and developer; yang dikaryakan untuk keperluan internal Zeics dan pendukung utama aktivitas penyediaan jasa dan layanan Zeics. Sangat dibutuhkan untuk menjalankan aktivitas menciptakan dan menginovasi jasa maupun layanan, menyalurkan proposisi nilai, serta membangun, menjalin, dan mempertahankan hubungan pelanggan.

Kemitraan

Keselarasan antarfungsional bisnis dalam organisasi untuk menciptakan rantai nilai efektif yang tidak terputus dalam internal Zeics, serta keselarasan Zeics dengan perusahaan luar yang membentuk jaringan penghantar nilai; maka diperlukan sumber daya intelektual dalam bentuk kemitraan internal dan eksternal melalui manajemen hubungan kemitraan.

Rantai nilai adalah seperangkat fungsional bisnis yang melaksanakan penciptaan nilai produk dan layanan perusahaan. Sedangkan jaringan penghantar nilai terdiri dari perusahaan pemasok, distributor, dan akhirnya pelanggan yang bermitra satu sama lain untuk meningkatkan kinerja seluruh sistem. (Kotler dan Armstrong, 2008, jilid 1: 55-57).

Database pelanggan

Sumber daya utama intelektual lainnya yang penting bagi Zeics berupa database pelanggan. Yakni informasi detail mengenai pelanggan secara personal, untuk menemukan titik sentuh kepuasan pelanggan; yang menjadi bagian terpenting dalam menata hubungan dengan pelanggan melalui aktivitas manajemen hubungan pelanggan diterapkan oleh Zeics. Sumber daya ini sangat erat sekali kaitannya dengan peningkatan pendapatan, terutama untuk mendapatkan penghasilan dari penggunaan berulang jasa Zeics, sebagai akibat tidak langsung dari peningkatan retensi dan pembelian ulang pelanggan.

Teknologi dan platform

Sumber daya utama lainya berupa teknologi dan flatform yang sangat dibutuhkan yakni teknologi informasi dan komunikasi yang dapat dikoneksikan melalui jaringan internet dekstop based maupun mobile based, antara lain: komputer, telepon seluler, jaringan internet, server, dan aplikasi sistem infomasi manajemen internal Zeics. Sumber daya ini berfungsi sebagai sarana yang sangat dibutuhkan dalam proses penciptaan proposisi nilai, memungsikan saluran, serta sebagai media untuk berkomunikasi dengan pelanggan.

Call Now Button
WHATSAPP CHAT