fbpx

Kaplan dan Norton (2010: 159-162) mengutarakan bahwa sebuah peta strategi berfungsi untuk menguraikan proses penciptaan nilai melalui serangkaian hubungan sebab-akibat di antara sasaran-sasaran dalam keempat perspektif balanced scorecard.

  • Perspektif keuangan menguraikan hasil nyata dari strategi yang menggunakan ukuran yang sudah banyak dikenal, seperti laba atas investasi, nilai tambah ekonomi, laba operasi, pendapatan perpelanggan, dan biaya perunit yang diproduksi.
  • Perspektif pelanggan mencakup hasil, seperti kepuasan, retensi, dan pertumbuhan, serta ukuran-ukuran untuk proposisi nilai yang dipilih untuk segmen pelanggan yang dituju.
  • Perspektif proses mengidentifikasi sedikit proses penting dalam bisnis yang akan memuaskan pelanggan dan memenuhi sasaran keuangan.
  • Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan mengidentifikasi jabatan, sistem, dan suasana.

Analisis lingkungan eksternal model bisnis yang dilakukan diapadukan dengan analisis internal menggunakan analisis SWOT, mengasilkan rumusan-rumusan strategi yang dapat dikelompokkan dalam kategori  berupa tema yang mewakili beberapa strategi yang dihasilkan. Terdiri dari satu tema utama untuk setiap perspektif balanced scorecard dan beberapa tema pembentuk tema utama yang merupakan tujuan strategis dalam masing-masing perspektif tersebut.

Pemetaan strategi digunakan untuk menemukan hubungan sebab-akibat dari tema dan tujuan yang dihasilkan dalam perumusan strategi, agar menghasilkan strategi yang terintegrasi dalam mencapai tujuan bisnis Zeics dan dapat diterpkan dalam perencanaan fungsional bisnis yang terintegrasi pula. Sehingga menghasilkan sebuah rancangan rencana bisnis yang terintegrasi antarelemen pembentuknya, tujuan bisnis, strategi bisnis, dan pengimplementasiannya secara terstruktur dan sistematis.

Call Now Button
WHATSAPP CHAT