fbpx

Pinson (2003: 1-2), rencana bisnis adalah cetak biru yang berisi informasi mengenai segala aspek operasi perusahaan pada masa lalu, saat ini, dan di masa yang akan datang; lengkap dengan alat analisis bisnisnya serta mengalami perubahan yang berkelanjutan untuk mencapai keuntungan perusahaan. Struktur rencana bisnis menurut Pinson (2003: 6) terdiri dari lembaran sampul, daftar isi, ringkasan eksekutif, rencana organisasi dan pemasaran, serta dokumen keuangan dan pendukung.

Rencana bisnis merupakan alat pengusaha maupun pengambil keputusan dalam suatu perusahaan. Tujuan perencanaan bisnis, agar aktivitas bisnis yang akan atau sedang dijalankan berada di jalur dan sesuai yang direncanakan (Rangkuti, 2004: 1). Struktur rencana bisnis menurut Rangkuti (2004: 10) terdiri dari lembar judul, ringkasan eksekutif, daftar isi, latar belakang masalah dan perusahaan, produk dan jasa, kondisi pasar dan strategi pemasaran, strategi pengembangan, ringkasan informasi keuangan, serta lampiran-lampiran.

Osterwalder dan Pigneur (2012: 268-269) mengemukakan bahwa rencana bisnis bertujuan untuk menjelaskan dan mengomunikasikan proyek berorientasi laba atau nirlaba dan bagaimana rencana bisnis dapat di implementasikan di dalam dan di luar organisasi. Rencana bisnis Osterwalder dan Pigneur tertuang dalam lima struktur: tim, model bisnis, analisis finansial, lingkungan eksternal, peta jalan implementasi, dan analisis risiko.

Kesamaan teori-teori di atas menyatakan bahwa tidak ada bentuk baku mengenai susunan struktur pembuatan rencana bisnis. Oleh karena itu, perancangan rencana bisnis Zeics merupakan hasil bauran dari teori-teori di atas, yang dikembangkan dengan nalar penulis yang tetap bertumpun pada esensi penting rencana bisnis dari teori tersebut yang memiliki kaitan dengan disiplin ilmu yang harus ada, yakni manajemen bisnis.

Call Now Button
WHATSAPP CHAT