fbpx

Pengelolaan hubungan pelanggan yang akan dilakukan berpijak pada definisi CRM sebagaimana yang telah didefinisikan oleh Kotler dan Armstrong, yakni mengelola informasi detail tentang pelanggan dan secara hati-hati mengelola titik sentuh pelanggan untuk memaksimalkan loyalitas pelanggan; dengan tahapan umum sebagai berikut.

  1. Mengunpulkan data. Data primer pelanggan yang berada di berbagai departemen internal perusahaan yang dihasilkan dari interaksi langsung dengan perusahaan, maupun data sekunder yang diperoleh dari hasil pengembangan data primer dengan sumber dari lingkungan pelanggan. Data internal dikondisikan akan selalu terintegrasi dengan sebuah sistem penyimpanan data antardepartemen. Sistem integrasi data Zeics menggunakan Google Apps for Work.
  2. Menyimpan data. Database pelanggan yang terkumpul disimpan dalam sebuah gudang penyimpanan khusus data berbasis teknologi dengan tingkat keamanan yang baik, namun mudah diakses oleh pihak berkenpentingan dalam internal perusahaan. Teknologi yang akan digunakan teknologi berbasis internet dengan penyimpanan data teknologi cloud computing dengan akses privasi atau tidak menggunakan IP public, yang diotomatisasi melakukan pem-backup data secara berkala. Salah satu penyimpanan database yang digunakan Zeics berupa hosting VPS.
  3. Menggali data. Mempelajari dan menggali database untuk menemukan potensi yang menarik dari pelanggan dalam mengembangkan dan menikatkan jasa dan layanan pemasaran online yang dapat memuaskan pelanggan. Salah satu cara yang akan diterapkan dalam penggalian pelanggan ini, menggunakan teknik peta empati pelanggan XPLANE dalam Osterwalder dan Pigneur, untuk mengetahui:
  • Apa yang dilihat pelanggan dalam lingkungannya?
  • Apa yang didengar oleh pelanggan?
  • Apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh pelanggan?
  • Apa yang dikatakan dan dilakukan pelanggan?
  • Sakit hati apakah yang dirasakan pelanggan?
  • Apa saja yang telah diperoleh oleh pelanggan?
Call Now Button
WHATSAPP CHAT