fbpx

Heizer dan Render (2015: 3) mendefinisikan manajemen operasi sebagai serangkaian aktivitas yang menciptakan nilai dalam bentuk barang dan jasa dengan mengubah masukan menjadi hasil. Sedangkan produksi merupakan sebuah penciptaan barang dan jasa.

Program-program inisiatif operasi yang telah ditetapkan pada saat penyusunan strategi fungsional bisnis, direalisasikan melalui proses manajemen mulai dari perencanaan hingga pengendalian operasional.

Heizer dan Render (2015: 5) mengemukakan bahwa perusahaan melalui manajer operasinya harus menerapkan proses manajemen tersebut pada keputusan yang akan mereka buat terkait dengan sepuluh keputusan strategis manajemen operasi.

Sepuluh keputusan strategis opersional yang dimaksud di atas, yaitu: desain barang dan jasa, pengelolaan kualitas, desain proses dan kapasitas, strategi lokasi, strategi tata ruang, sumber daya manusia dan desain pekerjaan, manajemen rantai pasokan, manajemen persediaan, penentuan jadwal, seta pemeliharaan.

Rencana operasional Zeics dirancang dengan memadukan aktivitas kunci pada model bisnis, tujuan strategis perspektif proses bisnis internal, dan strategi opersional Heizer dan Render serta strategi fungsional bisnis aspek pemasaran Kotler dan Keller maupun Kotler dan Amstrong. Terdiri dari penetapan bentuk dan struktur organisasi perusahaan, proses pemasaran dan pelayanan, proses produksi jasa dan layanan, proses pelatihan dan pengembangan jasa dan layanan, proses manajemen hubungan pelanggan, serta penetapan kelengkapan dan peralatan kerja.

Call Now Button
WHATSAPP CHAT