fbpx

Ativitas penyampaian informasi proposisi nilai lebih difokuskan pada pemasaran online dengan menggunakan strategi komunikasi pemasaran terintegrasi. Melalui website sendiri maupun orang lain dan blog, membentuk komunitas online atau berpartisipasi dalam komunitas online bisnis maupun nirlaba, serta memasang iklan online dan menyajikan promosi di berbagai media online. Strategi komunikasi yang terintegrasi antarelemen bauran promosi: periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan pemasaran langsung.

Kotler dan Armstrong (2008: 244) mengemukakan bahwa sebuah perusahaan yang bergerak ke dunia online dapat melakukan pemasaran online melalui salah satu dari empat cara berikut: menciptakan sites web, menempatkan iklan dan promosi online, mendirikan atau berpartisipasi dalam komunitas web, atau menggunakan email. Zeics memilih cara sebagai berikut.

  1. Membuat website. Merancang website pemasaran yang berisi profil perusahaan dan penawaran jasa. Dan blog penunjang website dengan konten edukatif terkait dengan manajemen bisnis. zeics.co.id dan www.zeics.com.
  2. Komunitas online. Menciptakan komunitas online berupa forum online yang terintegrasi dengan website dan komunitas manajemen bisnis di social media dan messenger seperti mailist, whatsapp, bbm, telegram dan lain sebagainya. Berpartisipasi dalam komunitas online yang telah ada seperti forum jual beli kaskus, forum ads id, bisnis dari rumah (BDR), komunitas blogger, komunitas penulis, komunitas nirlaba, dan komunitas lain yang dapat memberikan manfaat kepada orang banyak dan mendapatkan manfaat dari komunitas tersebut.
  3. Menghadirkan iklan dan promosi online website dan saluran online yang dimiliki perusahaan di mesin telusur, social media, forum atau komunitas online, messenger, dan menggunkan email.

Proposisi nilai perusahaan yang disajikan pada media online internal, akan disampaikan kepada segmen pasar yang menjadi target, melalui komunikasi pemasaran terintegrasi online sebagai berikut.

  1. Periklanan online. Mengiklankan saluran perusahaan di mesin telusur Google, jejaring sosial Facebook, Instagram, dan Twitter, email, dan di website penyedia iklan baris berbasis teks maupun gambar seperti OLX; berbayar. Periklanan saluran yang tidak berbayar dilakukan melalui optimasi mesin telusur, optimasi media sosial, newsletter email, dan optimasi messenger.
  2. Promosi (online) penjualan. Membuat promo berkala secara periodik mingguan, bulanan, dan tahunan. Promo mingguan berupa gratis satu jasa yang dimiliki Zeics, seperti pemesanan jasa website gratis pembelian domain, pembuatan 1 banner, atau gratis jasa seo onpage, atau menggunakan voucher iklan yang disediakan oleh provider periklanan seperti Google, beli voucher Rp. 150.000 dapat Rp. saldo 600.000. Promo bulanan dengan mengikuti hari-hari spesial yang umum di masyarakat umum seperti hari nasional maupun hari keagamaan. Promo tahunan berupa konsultasi atau berbagi ilmu gratis sepanjang masa dan potongan harga khusus pelanggan melalui membership. Promosi tersebut dijadikan senjata utama untuk mendatangkan penjualan dalam jangka pendek yang akan berimbah pada pendapatan jangka panjang perusahaan. Dan di distribusikan melalui kegiatan periklanan, humas, penjualan personal, dan pemasaran langsung disemua saluran perusahaan; menggunakan saluran perusahaan.
  3. Hubungan masyarakat online. Menjalin hubungan pers dengan berpartisipasi aktif dalam komunitas ataupun forum yang disedia oleh portal-portal berita online seperti Kompasiana, Viva, Detik, dan lain-lain. Dan mensposori kegiatan nirlaba masyarakat umum dengan dukungan online yang dimiliki atau sesuai kemampuan perusahaan, seperti menjadi fasilitator atau nara sumber kegiatan pelatihan pemasaran online untuk pelajar, mahasiswa, dewan kesejahteraan masjid, dan organisasi masyarakat lainnya. Kegiatan lainnya menyediakan informasi berupa publikasi tentang perusahaan pada saluran yang dimiliki perusahaan seperti website dan media sosial maupun email.
  4. Penjualan personal online. Melakukan presentasi bisnis dan menjalin hubungan personal melalui media online seperti messenger, email, dan video call melaui skype atau hangout. Dan melalui interaksi personal dalam jejaring sosial maupun forum online. Dengan aktivitas utama mengiklankan dan mempromosikan poposisi nilai perusahaan melalui proses prospektif, pendekatan, presentasi, mengatasi masalah, menindaklanjuti prospek, dan menjadikan prospek sebagai pelanggan perusahaan.
  5. Pemasaran langsung online. Melakukan periklanan dan promosi online secara langsung kepada prospek maupun pelanggan yang telah terdata secara cepat, pribadi, pesan yang fleksibel, dan bersifat interaktif menggunakan saluran perusahaan yang memiliki fungsi interaksi personal seperti email dan messeger teks, gambar maupun berupa video. Pemasaran online juga dilakukan dengan menyediakan penawaran jasa dan layanan di website dan media sosial perusahaan melalui fasilitas chat online yang terintegrasi langsung dengan web dan media sosial.
Call Now Button
WHATSAPP CHAT