fbpx

Menurut Schermerhorn, sumber daya manusia adalah orang, individu-individu, dan kelompok-kelompok yang membantu organisasi menghasilkan barang atau jasa. Sedangkan manajemen sumber daya manusia menurut Edwin B. Filippo adalah proses merencanakan, mengorganisir, mengarahkan, dan mengendalikan pengadaan, pengembangan, kompensasi, penyatuan, perawatan/pemeliharaan, dan pemisahan/pelepasan sumber daya manusia menuju tujuan akhir individu organisasi dan masyarakat yang telah dicapai. (Gaol, 2014: 44, 59).

Manajemen sumber daya manusia adalah proses untuk memperoleh, melatih, menilai, dan mengompensasi karyawan, dan untuk mengurus relasi kerja mereka, kesehatan dan keselamatan mereka, serta hal-hal yang berhubungan dengan keadilan. Salah satu proses tersebut adalah perencanaan sumber daya manusia, yakni menetapkan sasaran dan standar, mengembangkan aturan dan prosedur, mengambangkan rencana dan peramalan terkait sumber daya manusia. (Dessler, 2015: 4).

Perencanaan sumber daya manusia menurut Joseph T. Straub dan Raymond F. Attner dalam Gaol (2014: 88) meliputi rencana perekrutan, penyeleksian, melakukan penilaian, pelatihan, orientasi, penghargaan, promosi, transfer, peurunan pangkat, dan pemisahan terkait sumber daya manusia.

Penyusunan rencana sumber daya manusia disesuaikan dengan kebutuhan Zeics dalam menjalankan model bisnis, yang mengacu pada kegiatan utama perusahaan dengan menggunakan sumber daya yang ada dan strategi yang akan dimplementasikan yang bersumber dari perspektif pembelanajaran dan pertumbuhan BSC, dipadukan dengan landasan teori sumber daya manusia. Perencanaan yang dimaksud meliputi pemetaan kebutuhan dan perekrutan tenaga kerja, penetapan kompensasi dan remunerasi,  pemberian penghargaan dan sangsi, pelatihan dan pengembangan, serta penilain kinerja karyawan.

Call Now Button
WHATSAPP CHAT