fbpx

Strategi adalah rangkaian tindakan, jalan tindakan yang dapat dikejar oleh perusahaan untuk mencapai sasaran strategisnya (Dessler, 2015: 85). Pearce dan Robinson (2014: 4) mendefinisikan strategi bisnis sebagai rencana berskala besar yang berorientasi jangka panjang untuk berinteraksi dengan lingkungan yang kompetitif untuk mencapai tujuan perusahaan. Tujuan bisnis akan mudah dicapai jika direncanakan dengan secara baik dan strategi tepat sasaran melalui sistem yang terstruktur untuk mengimplementasikan keduanya, yakni manajemen perusahaan (termasuk manajemen strategis).

Manajemen strategis merupakan suatu rangkaian keputusan dan tindakan yang menghasilkan formulasi dan implementasi rencana untuk mencapai tujuan perusahaan (Pearce dan Robinson, 2014: 3). Adapun definisi manajemen strategis menurut Dessler (2015: 85-86) adalah proses untuk mengidentifikasi dan mengeksekusi rencana strategis organisasi dengan menyesuaikan kemampuan perusahaan dengan permintaan lingkungannya.

Rencana strategis yang di maksud Dessler adalah rencana perusahaan mengenai bagaimana mereka akan menyesuaikan kekuatan dan kelemahan internal mereka dengan kesempatan dan ancaman eksternal dengan tujuan untuk mempertahankan keunggulan kompetitif. Rencana strategis diturunkan menjadi rencana fungsional, yakni strategi yang mengidentifikasi aktivitas-aktivitas luas yang akan di kejar oleh setiap departemen untuk membantu bisnis mencapai sasaran kompetitifnya.

Menurut Kaplan dan Norton (2010) sistem manajemen memiliki fungsi untuk mengintegrasikan perencanaan strategi dan pelaksanaan operasi. Sistem manajemen yang dimaksud adalah manajemen strategis dan manajemen fungsional bisnis (pemasaran, operasional, sumber daya manusia, dan keuangan).

Sistem manajemen pengintegrasian perencanaan strategi dan pelaksanaan operasi yang dikemukan oleh Kaplan dan Norton tersebut memiliki enam tahapan utama: menyususn strategi, merencanakan strategi, menyelaraskan organisasi dengan strategi, merencanakan operasi, memantau dan mempelajari pengintegrasian strategi dan operasi, serta menguji dan menyesuaikan strategi yang di integrasikan dengan operasi.

Landasan teori strategi bisnis di atas digunakan dalam perancangan strategi bisnis Zeics untuk mencapai tujuan bisnis yang diharapkan dan diterapkan dalam aktivitas atau operasional bisnis Zeics. Di awali dengan perumusan strategi yang terdiri dari penetapan tujuan, misi, nilai, dan visi perusahaan. Dilanjutkan dengan perumusan strategi dengan melakukan pemetaan strategi, penetapan tujuan strategis, pengukuran strategi, penetepan target dan inisiatif strategis fungsional bisnis. Dan diakhiri dengan aktivitas penyusunan rencana fungsional bisnis berupa strategi pemasaran, operasional, sumber daya manusia, dan keuangan.

Call Now Button
WHATSAPP CHAT