fbpx

Tren regulasi saat ini di Indonesia adalah paket kebijakan ekonomi yang langsung dikeluarkan oleh pemerintah, paket kebijakan ekonomi 1 sampai dengan 11 yang dikeluarkan pemerintah pada bulan Maret 2016 ini. Regulasi yang berhubungan dengan model bisnis Zeics adalah regulasi Kemenkop UKM dan Kemenkominfo.

Kemekominfo, yang bertugas dan berfungsi (Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2015): menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang komunikasi dan informatika. Tren regulasi Kemenkominfo untuk lima tahun ke depan sangat menguntukan Zeics dengan program prioritas yang akan dilakukan oleh Kemenkominfo yang tertuang dalam Peraturan Menteri Kominfo nomor 22 tahun 2015 tentang rencana strategis kemenkominfo tahun 2015 – 2019 (www.kominfo.go.id), antara lain sebagai beikut:

  • Program prioritas konektivitas pita lebar. Pendorong faktor pertumbuhan, munculnya barang dan jasa baru, proses baru, model bisnis baru serta meningkatnya daya saing dan fleksibilitas dalam ekonomi.
  • Program prioritas TV digital. Meningkatkan efisiensi penggunaan spektrum frekuensi; efisiensi infrastruktur industri penyiaran; dan membuka peluang usaha baru bagi industri konten.
  • Program prioritas tata kelola internet. Penanganan konten ilegal.
  • Program hubungan pemerintah dengan masyarakat. Memastikan masyarakat mengetahui apa yang dilakukan pemerintah dan berpartisipasi dalam pembangunan.

Kemenkop UKM, yang bertugas dan berfungsi (Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2015): menyelenggarakan urusan di bidang koperasi dan usaha kecil dan menengah dalam pemerintahan. Program strategis Kemenkop UKM dapat mempengaruhi Zeics dari sisi segmen pasar yang ditarget, yakni UMKM. Beberapa program yang dimaksud adalah (www.depkop.go.id):

  • Pemberdayaan koperasi dan umkm: pemangkasan beban regulasi dan birokrasi untuk memperkuat fungsi koperasi sebagai lembaga ekonomi dan menyediakan fasilitas kemudahan impor bagi koperasi dan umkm untuk mengembangkan produk-produk tujuan ekspor.
  • Indonesia tanah airku ASEAN dunia usahaku: peningkatan daya saing dan pembentukan komite nasional persiapan pelaksanaan MEA.
Call Now Button
WHATSAPP CHAT