fbpx

Mengganbarkan keadaan porsi populasi perkotaan dan daerah, demografi, penghasilan dan distribusi kekayaan pasar dan yang berhubungan dengan hal-hal tersebut yang terkait dengan maksimalisasi model bisnis yang dirancang. Berikut gambaran tren sosio-ekonomi Indonesia menurut BPS dalam seri publikasi tahunannya, Statistik Indonesia 2015.

Tren ini menunjukkan daya beli masyarakat untuk konsumsi sehari maupun jangka panjang, yang sangat dipengaruhi oleh besaran pendatpaan yang diperolehnya. Selain itu, gaya hidup dapat pula mempengaruhi jumlah pembelian masyarakat. Ada beberapa kemunkinan kondisi yang dapat terjadi terkait dengan pendapatan dan pengeluaran masyarakat.

  • Pendapatan dan pengeluaran tinggi, gaya hidup yang mendorong masyarakat untuk lebih konsumtif, mengedepankan keinginan daripada kebutuhan.
  • Pendapatan tinggi namun pengeluaran rendah, pengeluaran untuk hal-hal yang dibutuhkan, mengesampikan gaya hidup berlebihan.
  • Pendapatan rendah dengan pengeluaran tinggi, kondisi yang terlalu memaksakan untuk memenuhi keinginan ketimbang mementingakan kebutuhan yang sesuai dengan kemampuan pendapatan.
  • Pendapatan dan pengeluaran rendah, kondisi yang terpaksa yang harus tetap dijalani untuk bertahan hidup apa adanya.

Kondisi-kondisi di atas dapat dapat mempengaruhi tingkat daya beli masyarakat terhadap produk atau jasa yang disediakan oleh UMKM Indonesia. Sudah barang tentu akan memberikan dampak (meski tidak langsung) pada keberlangsungan hidup perusahaan Zeics sebagai rekanan UMKM. Peran penelitian dan dan pengembangan yang disinergikan dengan manajemen hubungan pelanggan dapat mengantisipasi pada kondisi yang tidak menguntungkan bagi perusahaan, mendorong inovasi dan strategi bisnis yang fleksibel terhadap perubahan yang terjadi pada tingkat daya beli masyarakat umum.

Call Now Button
WHATSAPP CHAT