fbpx

Teknologi internet dari masa ke masa berkembang secara pesat. Menggerakkan inovasi teknologi yang digunakan oleh manusia untuk mencari atau mengirim informasi dan berkomunikasi semakin cepat. Inovasi telepon seluler mulai dari yang menggunakan teknologi jaringan internet 1G hingga 4G atau LTE salah satu contoh nya. Mulai dari komputer ber-processor intel itanium, celeron, pentium hingga yang inter core M.

Tren Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada tahun 2014 menurut Kemeninfo antara lain sebagai berikut.

  • Evolusi teknologi seluler. Generasi 1 (1G) dengan kecepatan 2,4 kbps, 2G 64 kbps, 3G 2 mbps, 4G 100 mbps, hingga 5G > 1 gbps. Peneliti dari ABI (Application Binary Interface) memperkirakan tersedianya jaringan 5G, namun baru akan tersedia tahun 2020 mendatang. Penyebab lamanya realisasi jaringan 5G adalah belum adanya sertifikasi untuk penggunaan dalam ponsel. ABI menunjukkan bahwa badan standardisasi jaringan, seperti 3GPP dan International Telecommunication Union, belum meratifikasi teknologi ini.
  • Smart city. Pengembangan dan pengelolaan kota dengan pemanfaatan TIK untuk menghubungkan, memonitor dan mengendalikan berbagai sumber daya yang ada di dalam kota dengan lebih efektif dan efisien untuk memaksimalkan pelayanan kepada warganya serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Karakteristik yang dibangun di atas pondasi kombinasi “smart” meliputi: smart economy, smart people, smart governance, smart mobility, smart environment, smart living.
  • Konvergensi teknologi dalam penyiaran, data dan kontrol mengakibatkan perkembangan dunia menuju dunia tanpa batas (borderless world). Konvergensi tersebut akan meningkatkan interaksi pengguna layanan penyiaran yang dapat terintegrasi melalui layanan data (internet).
  • Pergeseran media. Teknologi TV tradisional telah beralih kepada teknologi hybrid TV yang multiplatform, merubah interaksi satu arah menjadi TV interaktif.
  • Big data. Kumpulan dari sejumlah besar informasi yang bervariasi, yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman mengenai lingkungan, kesehatan, ilmu pengetahuan, bisnis, serta kehidupan manusia.

Tren teknologi di atas akan sangat membantu sekali bagi operasional pengadaaan jasa dan layananan pemasaran online yang dimiliki oleh Zeics. Namun tidaklah cukup samapi disitu, jikalau ingin terus bertahan dalam dunia usaha yang digerakkan oleh perkembangan teknologi internet, Zeics harus menangkap tren tersebut menjadi sebuah peluang untuk mendapatkan arus pendapatan baru. Dengan kecepatan akses internet yang tinggi berpeluang untuk membuka jasa baru, jasa internet provider. Jasa digital signage (memadukan internet dengan media digital seperti LCD, LED) dengan memanfaatkan kemajuan teknologi penyimpanan data online yang besar denngan harga terjangkau.

Call Now Button
WHATSAPP CHAT