fbpx

TUJUAN BERIKLAN DI FACEBOOK ADS

Kenapa kita perlu memahami tujuan beriklan termasuk di facebook ads? Agar iklan kita lakukan efektif dan efisien. Tepat sasaran sesuai tujuan yang kita inginkan dan mendapatka hasil yang sepadan dengan biaya yang kita keluarkan.

Pada facebook ads terdapat tiga kategori tujuan iklan yang disediakan, yakni kesadaran (awareness), pertimbangan (consideration), dan konversi (conversion). Setiap kategori menyajikan pilihan yang lebih spesifik yang bisa kita pilih yang benar-benar sesuai dengan target ketika kita beriklan di facebook.

KESADARAN (AWARENESS)

Cocok untuk aktivitas marketing usaha kita dengan tujuan untuk membangun minat pada produk atau jasa berserata layanannya hingga perusahaan kita. Meningkatkan kesadaran (brand awareness) berarti memberi tahu calon pembeli dan pelanggan tentang apa yang berharga dari usaha kita untuk konsumen. Setidaknya dapat membuat prospek jadi sadar dan tahu tentang bisnis kita.

Dengan cara meningkatkan kesadaran kepada orang yang benar-benar minat atau kebanyak orang/siapapun yang bisa dirahkan agar berminat terhadap bisnis kita. Tujuan lebih spesifik dari iklan awareness sbb.

  1. Kesadaran merek
  2. Jangkauan

PERTIMBANGAN (CONSIDERATION)

Merupakan kelanjutan dari tujuan iklan kesadaran, agar prospek berkeinginan untuk mengetahui bisnis kita selengkapnya. Setidaknya untuk mendapatkan interest, preferensi/evaluasi, hingga dapat meyakinkan prospek kita untuk membeli produk/jasa kita atau pelanggan kita untuk melakukan pembelian ulang (repeat order).

Dengan cara mendatangkan trafik pada fanspage, instagram bisnis, atau website hingga aplikasi mobile bisnis kita. Menghadirkan interaksi online mulai dari yang bersifat terbuka seperti komentar hingga berkomunikasi melalui media messenger dll. Tujuan lebih spesifik dari iklan consideration sbb.

  1. Lalu Lintas Kunjungan
  2. Interaksi
  3. Pemasangan aplikasi
  4. Penayangan video
  5. Pembuatan prospek
  6. Pesan

KONVERSI (CONVERSION)

Tujuan ini cocok digunakan untuk prospek bahkan pelanggan yang telah tahu, suka, dan yakin dengan kualitas bisnis kita. Mendorong orang untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa kita pada website kita atau pemesanan langsung melalui messenger/telepon, melaui katalog online, hingga datang langsung ke toko kita secara offline. Tujuan lebih spesifik dari iklan conversion sbb.

  1. Konversi
  2. Penjualan katalog
  3. Kunjungan toko

SARAN AJIBS

Ketika kita beriklan di facebook disarankan untuk menggunakan ketika tujuan tersebut secara berkesinambungan mulai dari awareness, consideration, hingga conversion. Agar informasi yang kita sampaikan tentang bisnis kita diterima secara utuh oleh prospek, konsumen, dan pelanggan kita.

Mulai dari mereka menyadari akan keberadaan hingga kualitas produk/jasa berserta layanannya hingga perusahaan kita, mereka tahu, suka, mengevaluasi / membandingkan / preferensi, yakin, sampai membeli produk/jasa kita untuk pembelian pertama dan pembelian berulang.

Semoga bermanfaat dan menginspirasi untuk kita semua, Amin…

By : Abdul Mujib elChusairy (ajibs) abdulmujib.com

Boleh di-share ke siapapun jika dirasa perlu serta dapat bermanfaat dan menginspirasi banyak orang yang membutuhkan informasi ini.

Call Now Button
WHATSAPP CHAT