fbpx

Kaplan dan Norton (2010: 65-69) mengemukakan bahwa sebelum merumuskan strategi, perlu menentukan tujuan perusahaan (misi), arah internal perusahaan (nilai-nilai), dan keinginannya terhadap hasil di masa depan (visi).

  1. Pernyataan misi adalah pernyataan singkat, mengapa organisasi ada. Berisikan tujuan fundamental perusahaan, terkait hal yang akan diberikan kepada pelanggan dan klien. Juga menginformasikan kepada para eksekutif dan karyawan tentang tujuan yang harus diraih bersama-sama.
  2. Pernyataan nilai-nilai menentukan sikap, perilaku, dan karakter sebuah perusahaan. Mencerminkan apa yang penting bagi perusahaan, bukan yang berubah-ubah, melainkan sebagai landasan budaya perusahaan.
  3. Pernyataan visi mendefinisikan tujuan perusahaan jangka menengah hingga panjang (3 – 10 tahun). Berorientasi pasar dan berpandangan jauh ke depan serta bagaimana perusahaan ingin dipersepsi oleh dunia. Pada organisasi tertinggi perusahaan, visi menyatakan target ambisius untuk strategi, mencantumkan ukuran yang jelas dan rentang waktu spesifik untuk meraihnya.

Penetapan misi, nilai, dan visi Zeics yang dilandaskan pada teori Kaplan dan Norton di atas akan digunakan sebagai pijakan awal dan batasan dalam merancang model bisnis serta penyusunan, perumusan, dan penentuan tujuan strategis yang ingin diraih oleh Zeics beserta ukuran, target, inisiatif, dan pengukuran untuk mencapai tujuan fungsional bisnis.

Call Now Button
WHATSAPP CHAT